WA Sender Ultimate

Sedot Septic Tank di Pekojan Dapat Dibayar Gunakan Sampah

Sedot Septic Tank

Sedot Septic Tank di Pekojan Dapat Dibayar Gunakan Sampah 

Kuras atau mengisap septic tank dengan berkala adalah keharusan buat semua rumah tangga. Sayangnya, kesadaran penduduk untuk lakukan hal itu masih tetap rendah terpenting di kelompok penduduk miskin serta menengah ke bawah yang terhalang cost.

Kelurahan Pekojan di Tambora, Jakarta Barat, miliki langkah unik untuk menangani permasalahan ini. Dengan menabung sampah, masyarakat dapat mendapatkan sarana sedot tinja gratis. Kok dapat?

"Ya, ini adalah bentuk kolaborasi kami dari Kelurahan Pekojan bersama dengan Kementerian Kesehatan, IUWASH serta PD PAL Jaya untuk wujudkan sanitasi keseluruhan berbasiskan penduduk," papar Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo, disela-sela alat visit STBM di Kantor Kelurahan Pekojan, Jalan Pekojan III, Tambora, Jakarta Barat.

Simak juga: Jasa Sedot WC Berpengalaman

Sanitasi Keseluruhan Berbasiskan Penduduk (STBM) adalah pendekatan untuk merubah tingkah laku sanitasi serta kebersihan lewat pemberdayaan penduduk. Di Pekojan, pendekatan STBM tampak sekali karenanya ada kolaborasi dari semua komponen penduduk, pemerintah daerah, bidang swasta serta pemerintah pusat.

Tri menuturkan Pekojan mempunyai bank sampah di Jalan Gedong Panjang yang berdekatan dengan tempat penampungan sampah. Pada ide bank sampah biasa, penduduk umumnya mendapatkan uang supaya ingin 'menabung' sampah plastik, koran, botol, besi sampai bungkus kopi serta mi instant.


Akan tetapi semenjak pertengahan tahun 2016 lantas, Kelurahan Pekojan bekerja bersama dengan PD PAL Jaya serta IUWASH PLUS menetapkan Service Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2). Alih-alih dibayarkan dengan cara langsung, uang yang dibuat masyarakat dari menabung sampah dipakai untuk membiayai service L2T2.

"L2T2 ini ada menjadi jalan keluar menangani pencemaran tanah serta lingkungan karena septic tank yang bocor. Penyedotan yang terjadwal serta berkala bisa menahan terjadinya pengurangan efisiensi serta sedimentasi septic tank di dalam rumah masyarakat," papar Subekti, Direktur PD PAL Jaya di kesempatan yang sama.

1x penyedotan untuk satu septic tank dihargai Rp 330.000. Nah, sampah hasil tabungan masyarakat akan di jual oleh petugas bank sampah. Hasil penjualan sampah itu yang nanti dibayarkan ke PD PAL Jaya.

Tidak semua sampah di jual pada pengepul. Beberapa yang lain di proses kembali oleh ibu-ibu di Pekojan jadi kerajinan tangan multifungsi seperti tas berbelanja, bunga dari plastik sampai gelang serta ikat rambut.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr Imran Agus Nurali, SpKO, mengharap yang akan datang kolaborasi semacam ini dapat dicontoh oleh daerah lainnya. Prinsip STBM ialah pemberdayaan penduduk hingga apakah yang dikerjakan di Kelurahan Pekojan ini pantas ditiru oleh daerah lainnya.

"Sanitasi mesti ditangani bersamanya. Mesti ada kerja sama pada penduduk, pemerintah serta partner yang lain supaya permasalahan sanitasi di Indonesia dapat selekasnya terselesaikan," tutupnya.  (detikcom)


0 Response to "Sedot Septic Tank di Pekojan Dapat Dibayar Gunakan Sampah "

Post a Comment

APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU